Rabu, 21 Juli 2010

POP MIE CHEERLEADANCE 2009 !


Cheerleadance, kompetisi yang menggabungkan antara teknik cheerleading dan dance ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Pop Mie dan ini merupakan tahun ke-2 setelah tahun lalu Pop Mie dengan suksesnya menyelenggarakan Pop Mie Cheerleadance 2008. Dimana tahun 2008 kemarin, Grafity dari SMA St. Yakobus keluar sebagai pemenangnya. Yup.. Itu sekilas tentang kemeriahan Pop Mie Cheerleadance 2008.

Untuk kedua kalinya, Pop Mie selaku penyelenggara kembali mengadakan gelaran Pop Mie Cheerleadance 2009-2010. Kompetisi berskala nasional ini kembali mempertemukan para cheerleadance berbakat dari kota-kota besar di seluruh Indonesia. Untuk tahun ini animo peserta begitu membludak. Ini bisa terlihat dari banyaknya tim yang berpartisipasi pada kompetisi ini. Jika tahun kemarin hanya di 5 kota besar saja, tahun ini ada di 6 kota besar di Indonesia yaitu Medan, Bandung, Jakarta, DI Yogyakarta dan sekitarnya, Surabaya dan Denpasar. Dari masing-masing kota tersebut, dilakukan penyisihan sehingga hanya didapatkan 1 finalist yang akan melaju ke grand final di Jakarta dan bertanding dengan grand finalist lainnya untuk memperebutkan 1 buah golden ticket yang berisi Tour ke Disneyland Hongkong.Setelah melewati babak penyisihan regional didapatkanlah 7 grand finalist dari masing-masing kota, yaitu : 3B Cheers (SMA 8 Medan), Choelas (SMA 17 Bandung), VBC Gold (SMA 21 Jakarta), Violet (SMA 7 Solo), CS Wizard (SMA 3 Surabaya), Panther (SMA 8 Denpasar), dan Grafity (SMA St. Yakobus).

Hmm… Akhirnya sampai juga di acara puncak kompetisi ini. Yup.. ini yang paling ditunggu-tunggu oleh ke-7 grand finalist. Grand Final Pop Mie Cheerleadance 2009-2010. Bertempat di Arena Britama Sport Mall Kelapa Gading, 17 Januari 2010, kompetisi ini berlangsung dengan sukses. Dipandu oleh Omes dan Talita Latief acara ini berlangsung sangat meriah, terlebih dengan hadirnya The Changcuters, Delon, Rhizuki & Romedal.

Astmosfer final sore hari itu benar-benar sungguh luar biasa. Ini terlihat dari antusiasme para suporter dari masing-masing tim yang jauh-jauh datang untuk memberikan dukungan. Para supoter ini tidak henti-hentinya bersorak untuk menyemangati tim kesanyangan mereka. Bahkan kegiatan sorak sorai ini sudah mulai terasa ketika opening gate, dimana pada saat itu video-video para grand finalist pada saat perfom di penyisihan grup regional diputar kembali. Gedung Britama Sport Mall Kelapa Gading sore itu penuh sesak dengan suporter dari masing-masing tim. Disisi sebelah kiri terdapat suporter Grafity dengan kaos bertuliskan “More than a winner” dan disebelahnya terdapat suporter dari CS Wizard yang lebih didominasi oleh warna kuning. Sedangkan disisi sebelah kanan terdapat suporter VBC Gold dan Violet (SMA 7 Solo). Tidak ketinggalan, yang paling banyak dan paling heboh yaitu suporter dari Choelas. Tidak heran, sebab tahun kemarin pun suporter dari Bandung begitu membludak, hampir setengah bangku tribun dipenuhi oleh soporter Bandung. Ini menunjukkan antusiasme masyarakat Bandung untuk event ini sangat baik. Lebih kagum lagi, mereka itu sangat kompak dan rasa solidaritasnya tinggi. Untuk suporter Panther dan 3B Cheers tidak terlalu dominan seperti suporter yang lain. Suasana pun semakin riuh, terlebih dengan hadirnya para The Changcut Ranger (fans fanatik The Changcuters) yang membuat suasana sore itu makin meriah.

Sekitar pukul 14.00 WIB acara pun dimulai, diawali dengan suguhan drama musical oleh Talita Laitef bersama para dancer yang kemudian dilanjutkan oleh penampilan The Changcuters membawakan 3 buah lagu (Suka-Suka, I Love You Bibeh, Gila-Gilaan) serta atraksi dari Rizuki & Romedal, menjadi opening yang cukup manis Kemudian perkenalan ke-7 Grand Finalist Pop Mie Cheerleadance 2009-2010. Berikut ulasan selengkapnya :


1. 3b Cheers (SMA 8 Medan)
Sebagai juara ke-5 dan berhak membawa hadiah sebesar Rp 2.000.000,-.. 3B-Cheers tampil dengan cukup baik. Dengan kostum warna pink-hitam, 3b Cheers berhasil menjadi pembuka yang sangat manis. Mengangkat konsep “meminta doa restu orang tua” dengan judul “HARAPAN SI BUTET“, 3b Cheers bisa membuat juri berdecak kagum. Dipadu mulai dari tari saman, etnik&kebudayaan Medan dikombinasi pula dengan unsur modern menjadikan penampilan 3B Cheers sore itu benar-benar sangat beda. Kemasannya OK dan menegaskan tim ini jelas dari Medan. Improvenya keren, blocking dan element surprisenya juga ok. Properti yang mereka gunakan pun sangat unik dan lucu, seperti tongkat dan permen lolipop yg lucu (good in using property). GOOD opening with STORY LINE. Tapi menurut saya masih kurang gregetnya, coba kalau sedikit lebih gahar dan power full pasti jauh lebih oke lagi. SELAMAT ya buat 3B Cheers :)


2. Choelas (SMA 17 Bandung)
Kita tahu, tahun lalu Bandung diwakilkan oleh Three C Squad yang berhasil meraih juara ke-5 pada final Pop Mie Cheerleadance 2008. Untuk tahun ini Choleas (SMA 17 Bandung) berhasil menggantikan posisi Three C Squad untuk ajang bergengsi ini. Dengan konsep “TOY STORE” penampilan mojang-mojang Pariangan ini sangat menghibur. Bisa dibilang paling entertaining dari semua tim yang perfom. Dari awal tampil sampai akhir pertunjukkan Choelas selalu memberikan surprise-surprise yang bikin mata terus melotot. Tim ini memiliki gerakannya yang rapi banget, power full, dancenya oke banget bahkan salah satu juri (Arinto) mengatakan dance yang meraka lakukan memiliki dificulty yang sangat tinggi dan apa yang mereka lakukan lebih bagus dari pada dancer yang sudah berpengalaman. Penggunaan propertinya pun pada porsi yang pas. Good… Element suprisenya juga sangat oke, Efek tabrakan mobil dan dance menggunakan lampu senter berwarna merah membuat penampilan Choelas sangat menghibur. Idenya keren banget. Tidak hanya itu kostum yang mereka gunakan pun sangat ok, bright & colourfull. Musik juga variatif. Tapi harus disayangkan mereka hanya berhasil meraih juara ke-4 dalam kompetisi ini.


3. VBC Gold (SMA 21 Jakarta)
Yap..sebagai perwakilan regional Jakarta bersama Grafity, VBC Gold kali ini tampil dengan penuh persiapan. Mengangkat tema “transformers (mission of alien)“, VBC Gold benar-benar beda dari babak penyisihan. Surprise banget sore itu VBC Gold tampil cukup ekspresif, gerakannya lebih bertenaga dibanding saat penyisihan, kostumnya juga lebih bright, pyramid & koreonya juga oke. Diawali dengan dance menggunakan topeng, itu sangat keren, terlebih pada saat mereka membuka blazer. Wau..good. Tapi sayang lemahnya ekspresi yang cukup fatal membuat VBC Gold kurang mendapat hasil maksimal dalam kompetisi ini. Namun tetap SALUT dan mereka memang LAYAK ada di babak Grand Final. Mereka pun berhak membawa hadiah Rp 1.500.000,- sebagai juara ke-6. SELAMAT … :)


4.Violet (SMA 7 Solo)
Setelah 3 tim sebelumnya perfom dengan sangat baik. Akhirnya Violet mendapat sesi untuk menunjukkan kebolehannya. Tim ini berisi kan cewe-cewe dari SMA 7 Solo. Jika dilihat dari teknik cheerleadingnya tim ini tidak terlalu spesial. Piramidnya pun tidak semegah tim-tim yang lain. Properti yang mereka gunakan pun tidak begitu banyak, Tapi salutnya tim ini punya dance yang rapi, walaupun tidak terlalu power full. Kostum yang mereka gunakan pun unik, dominasi warna ungu ditambah dengan aksen kain batik membuat kostum meraka terlihat lucu. Musiknya pun lucu seperti penggunaan jingle film kartun doraemon, sailor moon, dan mario bross. Penggunaan efek slow motion pada saat dance dengan menggunakan jingle Pop Mie Cheerleadance itu sangat keren!!! Ditutup dengan ending yang misterius dan menyedihkan. So Sad… Akhirnya mereka pun berhak sebagai juara ke-7 Grand Final Pop Mie Cheerleadance 2010 ini. Congrats ..!!!


5. CS Wizard (SMA 3 Surabaya)
Yah…Ini dia The Champion Of Pop Mie Cheerleadance 2010. Akhirnya merakalah yang berhak membawa trophy kebanggaan itu dan berhak pula liburan ke Disneyland Hongkong. SALUT & SELAMAT. Dengan konsep “Save Our Culture : Indonesia” berhasil membawa mereka ke puncak tangga juara. CS Wizard mencoba memperkenalkan dan mengekplorasi kebudayaan Lokal Bangsa Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke. Mengawali penampilan mereka, dibuka dengan Tari Piring, lalu tari Kuda Lumping, Reog Ponorogo, Gundul-gundul Pacul, dan tari Kecak Bali. Di akhir penampilan, mereka membentangkaan spanduk bertuliskan “Save Our Culture Indonesia serta wayang kulit+kain Bali. Keren..Mereka juga salah satu tim dengan penggunaan kostum terbanyak. Salutnya lagi, dengan waktu sesingkat itu mereka bisa ganti kostum dengan cepat dan rapi. Tarian dari berbagai daerah dikemas menjadi pertunjukkan yang sangat baik dan entertaining. Good…CS Wizard juga merupakan salah satu tim yang mempunyai skill Cheerleading yang paling baik ketimbang tim-tim yang lain. Piramid-piramid meraka pun sangat megah, Stabil walaupun sempat jatuh, backtoss&backtuck nya pun tinggi-tinggi.


6. Panther (SMA 8 Denpasar)
Panther merupakan finalist dari Denpasar, Bali. Mengangkat tema “Exotic Of bali” mereka berhasil mengantongi juara ke-2 dengan hadiah 10 juta rupiah. Lagi-lagi juri dibuat kagum dengan penampilan para finalist yang tampil, termasuk Panther. Bahkan salah satu juri berkata “bingung mau ngomong apa”. Konsepnya oke, centil, ceria dan EXOTIC Bali (exotic Bali – cheers vaganza). Mereka cukup berhasil mempromosikan kebudayaan mereka dengan mengangkat kebudayaan pure Bali. Kostum oke, megah, wah banget, colourfull & sangat detail, smiling oke ini yang menjadi nilai tambah untuk tim ini!!! Dibuka dengan tarian pendet yang menjadi andalan mereka dan ditutup juga dengan tarian adat Bali lainnya. Walaupun dari teknik dan kualitas cheerleading, tim ini menurut kami masih sangat kurang, namun secara keseluruhan oke!!



7. Grafity (SMA St. Yakobus)
Dengan mottonya “more than a winner” tahun ini Grafity kembali masuk ke final untuk mempertahankan thropy yang telah mereka raih di Pop Mie Cheerleadance 2008. Sebagai juara tahun lalu, pastinya Grafity memiliki beban yang sangat berat, karena dalam posisi mempertahankan gelar. Tema konsep mereka yaitu “From Bollywodd To Hollywood“. Judul temanya keren, karena konsep ini merupakan kelanjutan dari konsep mereka pada saat perfom di penyisihan grup regional jakarta kemarin. Lucu, menggemaskan, sangat ekspresif, power full, ekspresi, dan ostumnya juga oke… Tapi sayangnya penampilan Grafity sebagai penutup tidak semegah dan sebagus pada saat tampil di Margocity – Depok. Jauh lebih bagus saat mereka perfom di babak penyihan grup regional Jakarta kemarin. Full properti tapi detailnya kurang rapi, terlihat terburu-buru, rotasi/ perputaran antara satu personil dengan personil yang lainnya juga tidak serapih biasanya. Banyak menggunakan properti dan kostum, malah cenderung membuat mereka ribet sendiri. Untung semua itu bisa tertutupi oleh konsep yang brilian dan ekspresi+karakter yang kuat dari masing-masing personilnya. KEREN, bahkan salah satu juri yaitu Arinto mengatakan sulit untuk membedakan antara yang akting dan mana yang sungguhan. Akhirnya mereka pun berhasil meraih juara ke-3 dengan total hadiah 5 juta rupiah. Congratulation for Grafity:)

Berikut ini hasil grand finalnya :

1. SMA 3 Surabaya (CS Wizard) : Liburan ke Disneyland-Hongkong
2. SMA 8 Denpasar (Panther) : Hadiah 10 juta rupiah
3. SMA St.Yakobus (Grafity) : Hadiah 5 Juta rupiah
4. SMA 17 Bandung (Choelas) : Hadiah 3 juta rupiah
5. SMA 8 Medan (3B-Cheers) : Hadiah 2 juta rupiah
6. SMA 21 Jakarta (VBC Gold) : Hadiah juta 1,5 rupiah
7. SMA 7 Solo (Violet) : Hadiah juta 1 rupiah

Tidak ada komentar: